Jumat, 05 Juni 2015

Wisata Kota Blitar



Tempat wisata di Blitar adalah salah satu pesona wisata Indonesia yang sarat akan nilai sejarah. Di Blitar, Anda dapat menemukan makam Bung Karno, Bapak Proklamator, serta rumah ketika Bung Karno tumbuh dan dibesarkan.
Makam dan museum Bung Karno di Blitar akan menyampaikan banyak hal kepada Anda tentang sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia, serta pemikiran pokok Bung Karno tentang cita-cita Indonesia merdeka.
Di Blitar, selain sosok Bung Karno, Anda juga masih dapat menemukan sejumlah tempat wisata Blitar yang menarik lainnya. Di antaranya adalah Candi Penataran, sebuah candi yang dalam legenda masyarakat setempat diyakini sebagai tempat Gadjah Mada ketika di masa Kerajaan Majapahit mengucapkan sumpahnya yang terkenal itu, yakni Sumpah Palapa, sebuah sumpah untuk mempersatukan nusantara di bawah naungan Majapahit.

1. Makam Bung Karno Blitar

Makam Bung Karno terletak di Desa Bendogerit, berjarak sekitar 3 km di utara dari kota Blitar. Makam Bung Karno ini berdiri di areal lahan yang luas. Untuk dapat masuk ke makam Bung Karno, Anda tidak dipungut biaya tiket masuk.
Di dalam kompleks makam, tempat yang menjadi persemayaman terakhir Bung Karno ada pada sebuah bangunan berbentuk Joglo, bangunan khas Jawa. Itulah makam Bung Karno, yang diapit oleh makam kedua orang tuanya, ayah di sebelah kiri dan ibu di sebelah kanan.




Jika Anda berkunjung ke tempat wisata Blitar yang satu ini, Anda akan menemukan perpustakaan di areal makam, sebuah tempat yang menyimpan banyak buku dan tulisan Bung Karno. Di perpustakaan ini, Anda dapat mengenal sosok Bung Karno secara lebih mendalam. Selain perpustakaan, terdapat juga Museum Bung Karno yang menyimpan benda-benda milik Bung Karno.
Jika Anda telah puas berwisata di tempat ini, jangan lupa untuk membeli souvenir khas Blitar di dekat kompleks makam. Ada deretan kios yang menjual berbagai pakaian dan souvenir lainnya.

2. Pantai Tambakrejo Blitar

Pantai Tambakrejo terletak di selatan kota Blitar, berjarak sekitar 30 km dari pusat kota, tepatnya di Desa Tambakrejo Kec. Wonotirto. Salah satu tempat wisata pantai di Blitar ini memiliki ombak laut yang relatif tenang, dengan demikian banyak keluarga datang menikmati wisata di pantai ini dengan berenang dan bermain.



Di pantai ini, saat pagi hari Anda akan mendapati nelayan-nelayan yang baru pulang melaut dengan hasil tangkapan ikan-ikan segar, tepatnya di Tempat Pelelangan Ikan yang ada di pantai ini. Jika Anda suka, Anda dapat membelinya langsung di sana.


3. Candi Penataran Blitar

Candi Penataran adalah kompleks candi terbesar di Jawa Timur. Terletak di kaki Gunung Kelud, Anda akan mendapati hawa alam yang begitu sejuk di kawasan Candi Penataran. Candi yang merupakan salah satu tempat wisata di Blitar yang terkenal ini memiliki nilai sejarah yang tua.




Secara historis, candi ini telah berdiri di era tiga kerajaan besar Nusantara, yaitu Kediri, Singasari, dan Majapahit. Tempat wisata di Blitar yang satu ini adalah tempat di mana para raja diangkat dan juga merupakan tempat upacara pemujaan pada Sang Pencipta.
Candi Penataran dalam legenda masyarakat setempat diyakini sebagai tempat di mana Gajah Mada mengucapkan sumpahnya yang terkenal itu, yakni Sumpah Palapa, sebuah sumpah untuk mempersatukan nusantara di bawah naungan Majapahit.

0 komentar:

Posting Komentar