Selasa, 09 Juni 2015

Wisata Kota Sukoharjo



Kabupaten Sukoharjo dengan ibukotanya Kota Sukoharjo, luas wilayah 466,66 km² berbatasan dengan Kota Surakarta di sebelah utara, Kabupaten Karanganyar di sebelah timur, Kabupaten Wonogiri dan DIY di sebelah selatan, Kabupaten Klaten di sebelah barat. Kabupaten ini dibelah sungai Bengawan Solo menjadi dua bagian, bagian utara pada umumnya merupakan dataran rendah bergelombang, bagian selatan merupakan dataran tinggi dan pegunungan.
Daya Tarik wisata Kabupaten Sukoharjo antara lain : Batu Seribu, Pesanggrahan Langenharjo, Makam Balakan, Makam Banyu Biru/Bekas Kraton Kartosuro, Bekas Keraton Pajang, Makam K.A. Purwoto Sidik, Desa Wisata Wirun, Gunung Sepikul, Waduk Mulur, Dam Colo, Umbul Pecinan, Kolam Renang GOR Solo Baru, Pandawa Water World, Wisata Tirta Grogol Indah.
Berikut dibawah ini adalah beberapa tempat wisata di Sukoharjo atau tempat rekreasi yang mungkin belum anda singgahi bersama keluarga.


1. Pandawa Water World 

 


Dilihat dari namanya sepertinya sudah terlihat bahwa tempat wisata di Sukoharjo ini merupakan sebuah wahana permainan air yang cocok dijadikan sebagai wisata keluarga. Di lokasi ini selain terdapat kolam renang juga menawarkan aneka permainan air yang bernuansa petualangan. Hal yang mencolok dari Pandawa Water World adalah adanya relief di dinding yang bergambar pandawa. Lokasi Pandawa Water World ini adalah di Solo Baru, Grogol Sukoharjo. Wahana ini sanat digemari oleh masyarakat Solo dan sekitarnya. Bahkan ada juga pengu jung yang dari luar negeri. Wahana yang ada di Pandawa Water World diantaranya adalah bungy jumping, black hole, bungy river, wave pool, raf slide, racer slide, kiddy pool, dan wahana yang lainya.

2. Umbul Pecinan Batu Seribu



Umbul Pecinan Batu Seribu merupakan salah satu wisata keluarga favorit bagi warga masyarakat Sukoharjo. Umbul Pecinan Batu Seribu berupa taman dan pemandian yang berdiri di lahan seluas 2,5 hektar diatas perbukitan batu kapur. Untuk menuju tempat wisata Umbul Pecinan Batu Seribu ini anda harus melewati jalan yang berkelok dan naik. Ada berbagai fasilitas yang ditawarkan di Umbul Pecinan Batu Seribu ini yaitu kolam renang, sendang, outbond dan juga panggung kesenian. Di Umbul Pecinan Batu Seribu terdapat lele putih yang dikeramatkan olehwarga sekitar karena dianggap sebagai penjelmaan dari Kyai Truno.

3. Waduk Mulur



Satu lagi jenis wisata air yang ada di Kabupaten Sukoharjo jawa Tengah. Wisata ini adalah Waduk Mulur. Nama Mulur diambil dari nama tempat keberadaan waduk ini yaitu di Desa Mulur, Kecamatan Bendosari Kabupaten Sukoharjo. Waduk ini menjadi tempat paling menyenangkan buat para pehobi memancing. Biasanya pada Hari Minggu atau hari libur banyak pemancing yang berdatangan untuk memancing di waduk ini. Selain untuk memancing pada waktu-waktu tertentu juga diadakan event lomba dayung, sky air dan motor air. 

4. Petilasan Kasultanan Pajang

 


Kasultanan Pajang merupakan penerus dari Kerajaan Demak yang telah runtuh. Dalam sejarah keberadaan Kesultanan Pajang ini tidaklah lama. Hal itu karena pada masa akhir pemerintahan Sultan Hadiwijaya, berdiri sebuah kerajaan bernama Kerajaan Mataram yang kemudian mengambil alih kekuasaan Kesultanan Pajang di Tanah Jawa. Kesultanan Pajang sangat identik dengan Sultan Hadiwijaya atau Joko Tingkir. Petilasan Kesultanan pajang terletak di Jl. Joko Tingkir, Gang Benowo II Sonojiwan RT 5/RW 22 Makam Haji, Kartosuro, Sukoharjo. Karena keruntuhan kesultanan Pajang sudah berlangsung selama ratusan tahun, saat ini tidak ada bangunan fisik yang masih tersisa. Di petilasan ini hanya terdapat serpihan kayu yang dipercaya sebagai bekas getek atau rakit milik Joko Tingkir, sebuah batu yang dulunya menjadi tempat bersemadi dan sebuah sendang yang airnya selalu jernih meskipun terletak di pinggir sungai yang keruh dan  kotor.

0 komentar:

Posting Komentar