Selasa, 09 Juni 2015

Wisata Kota Boyolali

Boyolali merupakan salah satu kabupaten yang terletak di daerah Surakarta, Jawa Tengah. Di bagian utara, kota ini berbatasan dengan Grobongan, bagian Timur berbatasan dengan Surakarta, Dan di bagian Selatan berbatasan dengan Magelang dan Klaten, serta bagian barat berbatasan dengan Semarang. Kontur alam yang dimiliki oleh Boyolali terdiri dari perbukitan dan dataran rendah. Sehingga dengan alam yang seperti ini membuatnya mempunyai objek wisata di boyolali. Di bagian utara kabupaten ini dibatasi oleh Gunung Merapi dan bagian Utara nya dibatasi oleh Pegunungan Kendeng. Bagi Keluarga yang akan merencanakan libur panjang bersama Keluarga, anda patut untuk mengunjungi objek wisata ini.
Beberapa daftar objek wisata di Boyolali Jawa Tengah yang menarik adalah :


1.Selo Lulus Boyolali



Objek wisata ini menyajikan pemandangan alam yang asri dan sejuk. Anda akan mendapatkan banyak kuliner khas Selo dan sayuran. Hal ini karena di tempat ini merupakan daerah pertanian dan juga Desa Selo mempunyai desa wisata yang bernama Samiran dan Desa Lencoh. Di desa ini anda dapat menemukan berbagai kuliner khas seperti Srundeng dan Jadah Tempe Bacem Bakar ditemani dengan pemandangan alam yang sangat segar dan indah. Bukan hanya kuliner khas yang bisa anda nikmati, anda juga bisa menyaksikan berbagai pertunjukkan tradisional seperti tari Turenggo Seto, Tari Prajuritan, dan Tari Topeng. Kawasan ini juga sangat terkenal karena merupakan jalur pertama pendakian ke Merapi dan Merbabu. Anda bisa membangun basecamp pertama anda disini.  Dengan melalui jalur ini, anda membutuhkan sekitar 5 jam perjalanan untuk menuju Merapi. Di basecamp ini pun sudah disediakan berbagai fasilitas seperti penginapan dan pemandian air panas.




2.Makam Ki Ageng Kebo Kenanga



Ojek wisata ini merupakan objek wisata sejarah dan budaya yang dimiliki oleh Kabupaten Boyolali. Makam ini sangat banyak pengunjungnya untuk berziarah. Makam ini terletak di Dukuh Malang, Kec.Banyudono. Selain itu terdapat makam lainnya yang juga banyak pengunjungnya. Makam tersebut adalah Makam Ki Ageng Singoprno yang terletak di ketinggian dan bisa ditempuh setelah menaiki ratusan anak tangga.


3.Desa Pengging



Daerah ini merupakan salah satu objek wisata sejarah di Boyolali. Tempat ini terletak di Desa Pengging dan hanya berjarak sekitar 15 Kilometer dari Boyolali. Anda akan mendapatkan suguhan pemandangan yang asri dan indah saat mengujungi tempat ini. Bukan hanya itu, bangunan bangunan Kuno yang menghiasi tiap sudut daerah ini menambah keunikan wisatanya. Disamping itu, ternyata tempat ini dulunya merupakan pemandian para raja Majapahit Kuno.


4.Agrowisata Sapi Perah Cepogo
  




Boyolali adalah salah satu kabupaten yang memiliki peternakan sapi perah. Ini dibuktikan dengan adanya Agrowisata Sapi Perah yang terletak di Cepogo. Objek wisata ini hanya berjarak 13 kilometer dari arah Barat Boyolali. Terletak di pegunungan, membuat agrowisata Sapi Perah ini memiliki udara yang sangat sejuk. Jika anda berkunjung ke objek wisata ini, anda harus mempersiapkan kendaraan anda dalam kondisi prima karena akan melewati jalanan yang menanjak dan berkelok kelok. Saat anda berkunjung ke Boyolali, maka disarankan untuk menyempati datang ke objek wisata ini. Anda akan menemukan pengalaman yang unik karena pengunjung diperbolehkan untuk berpartisipasi dalam memerah susu sapi. Tidak hanya itu, anda pun bisa langsung mencicipi susu segar langsung dari hasil perah anda. Pengalaman yang sangat menarik bukan ?

Daftar Objek Wisata Di Boyolali Jawa Tengah Yang Menarik lainnya adalah Kampung Lele yang terletak di Desa Tegalrejo, Kec.Sawit, Air terjun Kedung Kayang yang terletak di Desa Klakah dan hanya berjarak 5 Kilometer ke arah Barat Kec.Selo, dan objek wisata lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar