Jumat, 05 Juni 2015

Wisata Kota Pekalongan



Kota Pekalongan merupakan salah satu kota yang terdapat di Propinsi Jawa Tengah. Kota Pekalongan berbatasan dengan Laut Jawa di sebelah utara, Kabupaten Batang di arah timur, serta Kabupaten Pekalongan di bagian selatan dan barat. Kota ini berada di jalur Pantura yang menghubungkan antara Jakarta - Semarang - Surabaya. Pekalongan berjarak sekitar 101 km menuju arah sebelah barat Semarang, atau sekitar 384 km menuju arah sebelah timur Jakarta. Pekalongan terkenal mendapatkan nama julukan kota batik, karena batik asli asal Pekalongan mempunyai corak yang khas dan variatif. Kota Pekalongan juga mempunyai pelabuhan perikanan yang terbesar di Pulau Jawa. Pelabuhan ini juga sering menjadi tempat transit dan juga menjadi area pelelangan hasil tangkapan laut oleh para nelayan yang berasal dari berbagai daerah. Selain itu di Kota Pekalongan juga terdapat banyak perusahaan yang mengolah hasil laut, seperti ikan asin, terasi, kerupuk ikan dan sarden baik itu perusahaan berskala besar ataupun hanya industri rumah tangga.

1. Museum Batik Pekalongan


Museum Batik Pekalongan terletak di Jalan Jetayu No.1 Pekalongan dan terletak tidak terlalu jauh dari pusat kota. Museum Batik Pekalongan mempunyai koleksi batik yang cukup lengkap, mulai dari batik kuno jaman penjajahan Belanda dan Jepang sampai batik yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia. Museum Batik Pekalongan menempati sebuah gedung bekas balaikota yang mempunyai gaya art deco.

2. Gunung dan Curug Rogojembangan




Gunung Rogojembangan masih berada satu lokasi dengan Curug Bajing di Kecamatan Petungkriyono dan berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Banjarnegara. Untuk mencapai puncak Gunung Rogojembangan diperlukan waktu selama kurang lebih 3 jam. Selama perjalanan tersebut kita akan melewati pemandangan hutan yang masih hijau dan juga Curug Muncar yang berada di lereng Gunung Rogojembangan. Selain itu kita juga bisa menjumpai tumbuhan kantung semar dan anggrek putih.

3. Pantai Pasir Kencana



Pantai Pasir Kencana hanya berjarak sekitar 4 km dari pusat Kota Pekalongan. Pantai banyak didatangi warga Pekalongan dan sekitarnya untuk berwisata, terutama wisata dengan keluarga karena di Pantai Pasir Kencana dibangun beberapa fasilitas permainan untuk anak-anak. Pantai Pasir Kencana paling ramai pada saat perayaan Syawalan atau
satu minggu setelah lebaran Idul Fitri.

 

0 komentar:

Posting Komentar