Sabtu, 06 Juni 2015

Wisata Kota Ende



Kota Ende adalah ibukota dari Kabupaten Ende di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang terletak di bagian pesisir selatan Pulau Flores. Ende juga adalah kota terbesar yang ada di Flores. Berbagai keindahan objek wisata maupun aneka kuliner khas dan unik dapat ditemui di Kota Ende. Sebagai contoh Danau Tiga Warna atau yang dikenal dengan nama Danau Kelimutu yang pernah diklaim sebagai salah satu keajaiban dunia, dan ada pula kuliner unik yang sederhana seperti onde-onde goreng dan rebus.
Dahulu, di Ende pernah berdiri sebuah kerajaan dengan penduduknya yang disebut sebagai orang Lio-Ende. Oleh kerajaan ini, Ende dijadikan pusat pemerintahan, hingga terjadi pemberontakan yang dikenal dengan nama Watu Api dan Mari Longa pada tahun 1916-1917 yang dipimpin oleh Nipa Do. Ende juga menjadi tempat pengasingan mantan presiden Indonesia, Soekarno, yang pada saat itu belum menjabat sebagai presiden. Pengasingan tersebut dilakukan oleh Belanda pada tahun 1934.


1. Danau Kelimutu





Kelimutu terletak di Desa Koanara, Kecamatan Wolowaru. sekitar 66 km dari kota Ende dan 83 kilometer dari Maumere tepatnya di puncak Taman Nasional Kelimutu. Danau Kelimutu ini memiliki keunikan tersendiri, danaunya memiliki tiga warna yang berbeda anda bisa melihatnya sendiri ketika mengunjungi danau ini.


2. Gua Liang Bua




Liang Bua terletak di Kabupaten Manggarai, Nusai Tenggara Timur 14 kilometer dari Ruteng ibu kota Kabupaten Manggarai. Di sini pernah ditemukan fosil tengkorak manusia purba yang berukuran pendek yang disebut sebagai Homo floresiensis. Di Gua Liang Bua anda hanya bisa melihat gua besar dengan batu stalagmit.

3. Kampung Adat Wologai




Kampung Adat Wologai terletak di Kecamatan Detusoko ± 40 km arah timut Kota Ende. Memililki sejumlah bangunan rumah adat berasitektur tradisional yang tertata rapi membentuk lingkaran, dengan sejumlah atraksi budaya yang dapat disaksikan di kampung ini terutama saat upacara adat berlangsung.
Dipinggir jalan trans Ende-Maumere, tepatnya di dusun Ekoleta, Desa Wologai Tengah terdapat susunan sawah yang bertingkat yang menjadi suatu pemandangan yang memikat bagi nada yang menyukai suasana persawahan. Padi yang dihasilkan dari sawah ini memunyai rasa yang khas.
 

0 komentar:

Posting Komentar